Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi dalam Meningkatkan Kinerja Guru Mts Ar Ridho di Kabupaten Bandung Barat
DOI:
https://doi.org/10.58344/jig.v2i10.181Keywords:
Gaya kepemimpinan, motivasi, kinerja guru, kepala sekolah, MTS AR RIDHOAbstract
Latar belakang masalah ini terkait dengan peran penting kepemimpinan dalam menentukan arah dan tujuan lembaga pendidikan serta motivasi guru dalam meningkatkan kualitas pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi dalam meningkatkan kinerja guru di MTS AR RIDHO Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru di MTS AR RIDHO, dengan sampel sebanyak enam orang guru yang telah tersertifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah yang diterapkan sudah sesuai dengan harapan guru, dan semakin baik gaya kepemimpinan serta motivasi yang diberikan, semakin tinggi pula peningkatan kinerja guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya sinergi antara kepemimpinan yang efektif dan motivasi dalam menciptakan peningkatan kinerja guru yang optimal.