Kontribusi Lembaga Pendidikan Islam terhadap Pengembangan Akhlak Generasi Muda
DOI:
https://doi.org/10.58344/jig.v2i11.208Keywords:
akhlak, generasi muda, kontribusi tarbiyah islamAbstract
Dalam artikel ini, peneliti menganalisis masalah pengembangan karakter generasi muda dengan mengacu pada pendidikan mereka di sekolah-sekolah Islam. Ada juga sedikit bukti yang mendukung argumen bahwa pendidikan Islam memiliki andil dalam membentuk karakter. Pada saat ini, banyak anak muda yang gemar mempraktikkan keburukan yang tidak sejalan dengan karakter yang baik seperti minum alkohol dan berkelahi; perselingkuhan di luar nikah dan sejenisnya, oleh karena itu mengikis standar kejujuran etis pada generasi muda dan menyebabkan kerusakan pada kesejahteraan mereka secara umum. Untuk tujuan pengumpulan data dan informasi dari penelitian ini, pendekatan kualitatif telah digunakan dengan mengandalkan kajian literatur yang melibatkan penggunaan buku-buku, literatur, dan bahan tertulis lainnya. Media-media ini masih memegang peranan penting, khususnya dalam menyebarkan informasi mengenai fungsi pendidikan Islam dalam pengelolaan karakter yang baik bagi generasi muda. Pendidikan Islam mempersiapkan dan membina generasi penerus yang berakhlak mulia dengan menetapkan standar moral hingga leluhur spiritual. Di samping itu, pendidikan Islam juga menegaskan bahwa pendidikan Islam berperan dalam mengatasi berbagai permasalahan sosial dan mengendalikan proses sosialisasi. Pendidikan dalam Islam memelihara individu-individu muda dalam karakter, memberikan dasar bagi yang lain, dan membangun masyarakat.
Published
Issue
Section
License
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/deed.id